tip cara menulis

Judul Buku   :
99 CaraMenjadikan Anak Anda BERGAIRAH MENULIS.

Diterjemahkan dari 99 Ways To Get Kids to Love Writing; and 10 Easy Tips For Teaching them Grammar.

Penulis           : Mary Leonhardt

(Crown plubishing, 201 E.50th  Street, New York, NY 10022.
email;       maryl@tiac.net)

Penerbit         : – Kaifa, Bandung.

Jl. Yodkali No. 16, Bandung40124. Telp. (022) 7200931

Mizan Media Utama, (MMU)

Jl. BatikKumeli No. 12, bandung40123. Telp. (022)2517755.

Cetakan          : III,November 2002.

Halaman        : 176 hlm.

Mary Leonhardt, sebelumnya telah menulis buku yang berjudul; Parents Who Love Reading, Kids Who Don’t, Keeping kids Reading, dan 99 Ways to Get Kids to Love Reading. Bukunya yang terakhir ini telah diterbitkan dalam bahasa Indonesia dengan judul 99 Cara Menjadikan Anak Anda“Keranjingan” Membaca (Kaifa, 1999). Mary mengajar Bahasa Inggris di sekolah pemerintah, swasta, dan paroki selama 28 tahun. Sekarang ini dia mengajar di SMU Concord Carlisle di Massachusetts.

Sudah lama ia mengetahui cara mengubah anak-anak menjadi pembaca jempolan. Kiatnya adalah membantu mengembangkan kecintaan kepada segala macam bacaan, sesegera mungkin.Anak yang bisa membaca dan memahami sastra yang sulit dan rumit biasanya memiliki latar belakang mau membaca apa pun yang ada di hadapannya. Penulis terbaik juga memiliki latar belakang banyak menulis hanya karena mereka senang melakukannya.

Sekali anak jatuh cinta dengan menulis, tulisan mereka akan melejit. Maka, sebagai orang tua, akan sangat berhargalah jika anda memiliki sedikit waktu untuk memahami bagaimana menjadikan ini nyata. Maka teruslah Membaca!

***
Sepuluh Alasan Mengapa Gemar Menulis itu Penting.Rasa suka terhadap suatu kegiatan merupakan prasyarat untuk keberhasilan di bidang apa pun. Demikian pula halnya dalam menulis.Hanya anak-anak yang suka menulis saja yang akan menulis dengan sering dan teliti, salah satu hal yang mereka butuhkan untuk menjadi penulis ulung.Hanya siswa yang gemar menulis secara mandiri, yang akan mengembangkan irama dan gaya pribadi mereka.

Hanya anak yang terbiasa menulis mandiri sajalah yang akan belajar cara menulis dengan fokus yang tajam dan jelas.

Anak-anak harus sering dan bebas menulis serta membaca, supaya prigel (sangat terampil) dalam menggunakan struktur kalimat yang kompleks dan benar secara tata bahasa.

Anak-anak yang menikmati tulis-menulis jarang menunda-nunda menyerahkan makalah dan laporan sekolah yang di tugaskan

Anak-anak yang suka menulis, dan sering menulis untuk iseng, juga lebih memahami hal-hal yang di bacanya.

Membaca dan menulis, tak pelak lagi, saling berkaitan. Anak-anak yang gemar membaca akan memperoleh kebahagiaan menulis, yang kemudian mengalir dalam tulisan mereka. Anak-anak yang menulis cerita, puisi, dan memoar akan membaca dengan ketelitian dan wawasan yang jauh lebih besar. Mereka mulai memperhatikan bagaimana seorang pengarang menyusun alur cerita, menggambarkan secara rinci karakter seorangt okoh, atau menggunakan teknik-teknik pengibaratan.

Anak-anak yang gemar menulis dan membaca, menjadi murid yang unggul dalam hampir semua mata pelajaran.

Anak-anak dengan kebiasaan menulis pribadi yang mandiri mempunyai cara yang mudah untuk mengatasi trauma emosional.

Penulis yang prigel dan fasih mempunyai keuntungan luar biasa dalam sebagian besar pekerjaan.

***

99 Cara Memotivasi Anak Agar gemar menulis.

Sepuluh Kiat Utama;

1. Tumbuhkan kecintaan dan kebiasaan membaca pada diri anak. Inilah satu-satunya hal terpenting yang bisa anda lakukan untuk menjamin agar mereka menjadi penulis yang baik.

2. Dukunglah selalu tulisan anak anda. Dalam setiap tulisan, pastilah adayang dapat anda puji. Pujian adalah cara terefektif untuk memotivasi anak agarterus menulis.

3. Tawarkan saran dan kritik terhadap kepada anak hanya kalau mereka sudah menjadi penulis yang terampil dan percaya diri.

4. Hargai privasi anak. Janganlah membaca tulisannya tanpa seizinnya.

5. Hargai pendapat anak.

6.  Jangan menuntut kesempurnaan.

7. Jangan menyensor tulisan anak. Tulisan yang betul-betul tidak dapat diterima biasanya hanya musiman.

8. Sadarilah bahwa anak mempunyai selera menulis yang berbeda-beda, seperti halnya selera membaca. Doronglah mereka untuk menulis apa yang mereka senangi.

9. anda tak perlu mengajarkan tata bahasa kepada anak ketika mereka baru memulai menulis. Sebagian besar pengetahuan ketatabahasaan bersifat berkembang sehingga dapat dikuasai anak sedikit demi sedikit daripada dipelajari secara langsung.

10. Anda sendiri, menulislah untuk kesenangan.


Kiat Bagi Anak Usia Pra Sekolah;

11. Biarkan anak melihat kehidupan sehari-hari mereka itu menarik dan layak untuk dibicarakan.

12. Jangan berusaha menyensor atau mengendalikan perasaan anak.

13. Mendengarkan secara aktif merupakan teknik bagus untuk membantu anak memperluas gagasan dan pengalaman mereka.

14. Di samping menghargai pendapat anak, ajari mereka menghargai pendapat orang lain.

15. Jadikanlah anak-anak anda, anak yang luwes dan berpikiran terbuka. Itulah kunci menjadi penulis yangbaik.

16. Doronglah anak anda untuk terlibat dalam permainan yang imajinatif.

17. Bantulah anak menikmati bunyi kata-kata yang berbeda dengan membuat kalimat-kalimat lucu atau sajak bersama mereka.

18. Doronglah tulisan dalam bentuk apa pun dari anak yang masih kecil,selama tidak membuat anda jengkel, seperti mencorat-coret dengan crayon di buku gambar, mewarnai dengan kapur berwarna di trotoar, atau mengoleskan selai dikursi makan.

19. Sediakan lebih banyak kertas kosong dari pada buku mewarnai.

20. Sediakan banyak peralatan menulis.

21. Ketika anak anda sudah lebih banyak bicara, dan goresannya lebih dari sekedar corat-coret diatas kertas. Minta mereka menceritakan kepada anda tentang tulisan dan gambar mereka.

22. Pampangkan karya seni dan tulisan awal anak pada kulkas, dinding dapur,kantor, di mana saja yang terpikir oleh anda. Sebagai bentuk pujian dan dorongan serta sebagai cara membiasakan anak membiarkan orang lain melihat dan mengapresiasi karya mereka.

23. Bacakan puisi pada anak anda, dan belikan mereka kaset lagu anak. Mendengarkan lirik dan irama yang indah akan menumbuhkan rasa cinta anak pada bahasa yang imajinatif.

24. Awali tradisi ulang tahun membuat buklet “Ketika aku berumur tiga tahun (empat, lima dan seterusnya)”

25. Dorong anak anda mendiktekan cerita kepada anda.

26. Jangan dorong anak anda menulis sebelum mereka siap.


Kiat Bagi Anak Usia Sekolah Dasar:

27. Doronglah upaya menulis dini- begitu si anak menunjukkan dia siap-supaya mereka mempunyai pengalaman menyenangkan dalam menulis, sebelum tugas menulis di mulai di sekolah.

28. Anak-anak yang masih kecil sangat berminat mengetahui cara yang benar dalam mengerjakan segala sesutau. Minat ini bisa dimanfaatkan untuk mengajari mereka berbagai bentuk tulisan.

29. Menulis Puisi merupakan cara yang mudah untuk memulai.

30. Mulailah dengan puisi harfiah tentang pengalaman tertentu.

31. Kemudian cobalah puisi konyol. Penulisan puisi menggugah rasa bermain dengan kata-kata dan struktur kalimat. Kegiatan ini membantu mengembangkan kesadaran akan pengibaratan, metafora dan irama sembari memperlihatkan kekuatan dalam menulis singkat dan ringkas.

32. Katakan kepada anak anda, bahwa mereka tidak harus membuat puisinya mempunyai rima. Tetapi apabila mereka mau, perlu mereka ingat bahwa rima tidak boleh terkesan dipaksakan- harus seolah-olah puisi itu memang dituliskan begitu adanya, dan tahu-tahu sudah mempunyai rima dengan baris sebelumnya.

33. Namun, perlu diingat bahwa kebanyakan puisi awal anak-anak atau remaja-bersifat hambar, umur, dan betul-betul buruk.

34. Selanjutnya, doronglah mereka menulis catatan harian.

35. Setelah anak anda menulis agak lebih lancar, doronglah dia menulis berita.

36. Untuk anak yang masih kecil, mulailah dengan memberikan kertas kosongdan menunjukkan kepada mereka cara membuat judul dan dua kolom.

37. Tawarkan bantuan penyuntingan untuk Koran mereka.

38. Ketika mereka sudah agak lebih besar dan menulis dengan lebih mandiri,jika anda mempunyai komputer, perlihatkanlah cara menggunakan template surat kabar.

39. Setelah mereka sudah menulis Koran kecil atau madding beberapalama, perlihatkanlah kepada mereka jenis-jenis tulisan surat kabar.

40. Jelaskan bahwa dalam penulisan berita yang jujur, mereka hanya bolehmenyajikan fakta, berurutan menurut tingkat kepentingannya.

41. Jelaskan bahwa tulisan feature (karangan khas) mengungkapkankisah di balik berita. Bentuk ini tidak harus menyajikan fakta terpenting diawal, tetapi bisa ditulis secara lebih menarik atau kreatif.

42. Jelaskan kepada anak anda, bahwa dalam penulisan editorial atau tajukrencana, dia bisa mengutarakan pendapatnya sendiri. Lazimnya tajuk rencana didasarkan atas berita baru-baru ini.

43. Jangan berharap anda akan selalu bersepakat dengan pendapat anak anda.

44. Anjurkan anak anda menuliskan suratpersuasif (tulisan yang mengajak pembaca sepakat dengan gagasanpenulisnya) ketika ia kecewa terhadap sesuatu.

45. Pandulah dia sedikit mengenal cara tepat menulis surat persuasif yang baik.

46. Setelah anak anda mempunyai pengalaman menulis dengan kejadian nyata,dalam buku harian atau suratkabar, sarankan mereka mencoba mengarang fiksi.

47. Bersiaplah membaca karangan awal berupa kisah nyata yang agak disamarkan.

48. Begitu anak anda mulai mengarang cerita yang lebih panjang, perlihatkankepada mereka cara menuliskan percakapan.

49. Jelaskan kepada anak anda bahwa cara mengarang yang paling baik adalahmengambil pengalaman yang banyak mereka ketahui- seperti bermain sepak bolaatau pergi berkemah- lalu katakan “Bagaimana seandainya”.

50. Dorong mereka untuk menggunakan gayatutur orang.


Kiat Bagi Anak Usia Sekolah Menengah;

51. Sarankan agar anak remaja anda bergabung dengan staf Koran, bukutahunan, atau majalah kesusastraan sekolah.

52. Bantulah mereka memikirkan cara untuk mulai menggunakan tulisan merekasecara professional.

53. Perlihatkan kepada mereka cara memanfaatkan internet untuk menulismakalah penelitian di sekolah.

54. Berika sedikit panduan bagi mereka untuk menulis esai pendaftaran masukke perguruan tinggi.

55. Jangan menuntut anak remaja anda selalu juara di sekolah.


Kegiatan dan Rutinitas Yang Menggugah Semangat Menulis;

56. Jadilah keluarga yang suka menuliskan pesan.

57. Jika anda hendak membeli komputer keluarga, pertimbangkanlah untukmembeli laptop daripada desktop.

58. Jika anda memang mampu membelinya, pertimbangkanlah memberikan satulaptop untuk setiap anak anda yang sudah besar.

59. Buatlah kisah keluarga, dilengkapi dengan foto dan sedikit narasi.

60. Sebagai salah satu kegiatan dalam acara menginap atau pesta ulang tahun,sarankan agar anak-anak menuliskan cerita kelompok, dan berikan hadiah untukcerita yang terbaik.

61. Cari situs tulis menulis bagi anak-anak di internet. Diantaranya; http://www.stonesoup.com, http://www.kidstory.com, http://www.realkids.com/club.htm. dan lainsebagainya.

62. Doronglah anak anda untuk mengikutsertakan karya terbaiknya dalamsayembara menulis atau mengirimkannya ke majalah anak-anak.

63. Dorong anak anda untuk menerbitkan karya mereka sendiri.

64. Ingat bahwa penulis sejati mempunyai rutinitas menulis yang berbeda-beda.

Kiat Mencari Sekolah;

65. Carilah guru-guru yang hangat dan mengayomi.

66. Carilah sekolah dengan rasio murid-guru yang rendah, semakin sedikitmurid yang menjadi tanggung jawab guru, semakin besar waktunya untuk membacatulisan anak-anak itu.

67. Carilah sekolah yang memberikan banyak kebebasan akademis bagi guru.

68. Carilah sekolah yang mendukung membaca mandiri bagi siswa. Karenakebiasaan membaca sangat penting bagi keberhasilan menulis (dan keberhasilanakademis secara keseluruhan).

69. Carilah sekolah yang menekankan pelajaran menulis kretaif.

70. Carilah sekolah yang memperlakukan murid sebagai penulis sejati. Kuncinyaadalah mencari sekolah yang terlihat menghargai individualitas dan bakat yangberbeda-beda dari penulis muda.

71. Waspadalah sekolah yang memakai metode rubrik untuk menulis tulisan.Hanya pada saat anak diberi kelonggaran dan di dorong untuk banyak menulis yangmengasyikkan dan yang berarti bagi mereka, barulah mereka mulai memperolehkefasihan yang nyata dan rasa kebahasaan yang tinggi. Begitu hal ini terjadi,maka mereka akan dengan mudah diajari format konvensional.

72. Penggunaan rubrikberarti anak akan terus menerus mencoba untuk menulis dengan standar lain,bukan mengembangkan kecakapan kritis mereka sendiri.

73. Jika anda terpaksa menyekolahkan anak anda di sekolah yang tidakmengajarkan tulis menulis dengan baik, atau sama sekali tidak mengajarkannya,carilah guru disana yang sekiranya tidak menghambat.

Kiat Bagi Anak Yang Mempunyai Kelemahan Menulis;

74. Cobalah selidiki apa persisnya kelemahan anak anda.

Pertama, hitunglah berapa banyak waktu yang dihabiskan anak anda untukmembaca. Jika anak anda sedikit sekali membaca, anggaplah itu inti dari banyak,atau semua permasalahan menulis.

Kalau tidak banyak membaca, anak anda akan meneladani bahasa lisan, bukan bahasa tertulis. Ini berarti struktur kalimat mereka longgar dan bertele-tele dan tulisan merekasering berisikan kalimat rull-on (kalimat dengan dua atau lebih kalimatlengkap yang secara salah digabungkan menjadi satu kalimat).

75. Anak-anak yang tulisan tangannya buruk diperbolehkan untuk mengetik atau menggunakan komputer.

76. Anak-anak yang tidak bisa mengeja harus di ajari trik-trik mengeja.

Mengeja itu ganjil, begitu banyak emosi yang mengelilinginya. Anak yang dapat mengeja dengan baikadalah anak yang dapat membaca dengan baik, juga memiliki kemampuan pengolahan visualdan audiotoral yang sangat baik.

77. Anak-anak yang banyak membuat kesalahan tata bahasa harus dikelilingioleh bahan bacaan apa saja; komik, majalah, surat kabar, dan lain sebagainya.

78. Carilah kegiatan menulis yang akan memotivasi anak anda yang belum bisamenulis dengan baik untuk menulis demi kesenangan.

“Orang yangdapat membaca dengan baik, akan dapat menulis dengan baik karena mereka secaratidak sadar akan memperoleh gayapenulisan yang baik”

(Stephen Krashen,Penulis The power of Reading,insights from the research)

79. Berikan sedikit bantuan untuk tugas menulis di sekolah.

80. Jika anak anda membawa makalah kepada anda dan minta bantuan, hargailah ia sebagai penulis.

81. Apabila anak berhenti menulis sama sekali, hal itu biasanya karena mereka sedang bergulat dengan masalah emosionalnya.

Kiat Bagi Penulis Yang Lancar Dan Mandiri;

82. Sadarilah bahwa jika anak anda menjadi sangat tertarik terhadap tulis menulis, dan tulisannya bagus. Anda mungkin harus menjadi mentornya dalam halini.

83. Mulailah memberikan umpan balik dengan lebih lengkap seraya anak anda menjadi penulis yang lebih baik.

84. Temukanlah kekuatan unik setiap anak.

85. Anak-anak yang visual dan berdarah seni cenderung menulis dengan banyak pengibaratan dan detail yang hidup.

Anak-anak seperti ini cukup mudah dikenali. Biasanya mereka menyukai mitos, dan fantasi sepertilayaknya anak kecil karena detailnya yang hampir metaforis. Dan jika lebihbesar, mereka akan menjadi anak yang pemikir dan meditatif. Kadang mereka menyukaikegiatan di luar rumah dan berjam-jam memancing atau mendaki gunung (dan menyimpan citra alam yang indah untuk digunakan nantinya).

86. Dengan para penulis visual ini, tekankan bahwa perumpamaan yang efektif itu segar dan mendesakkan pemahaman yang lebih kaya.

87. Berikan dorongan untuk menulis ulang apabila maknanya tidak jelas.

88. Anjurkan kepada penulis visual untuk membaca tulisan para penulis vyangakan memperkaya tulisan mereka sendiri dengan detail, deskripsi, dan citra yangmenarik.

89. Anda mungkin harus menawarkan dukungan khusus bagi penulis yang kaya danpenuh detail ini karena hanya sedikit guru yang bisa mengenali berbagaikemungkinan dalam jenis gayaini.

90. Anak-anak yang sangat verbal biasanya bagus dalam menciptakan penutur yang bersemangat dan mendefinisikan tokoh dengan tajam.

Kemampuan menulis dengan irama yang khas dan menarik merupakan keahlian khusus pengarang jenis ini.

91. Anda dapat membantu penulis yang sangat verbal ini menjelajahi jenis-jenis penuturan yang berbeda.

92. Kadang-kadang, dengan penulis seperti itu, anda perlu menyarankan supaya mereka menggambarkan tokoh-tokohnya dan setting cerita dengan sedikit sempurna.

93. Carilah buku-buku yang memiliki teknik penuturan yang menarik utnukmereka baca.

94. Anak-anak yang sangat mahir menggunakan beragam nada kadang bermasalah dengan guru-guru yang tidak menghargai ironi atau komedi.

95. Sebagian anak tidak begitu kuat dalam pemeriaan atau penuturan, namun dia berkisah dengan luar biasa.

96. Semangati para pendongeng muda ini, bahkan ketika cerpen pertama merekatak berkesudahan dan sangat sukar di ikuti.

97. Seraya mereka menulis lebih banyak, mulai sarankan agar mereka menambahkan deskripsi, atau penutur yang sedikit berkrepribadian.

98. Kiatnya adalah menemukan penutur yang baik untuk mereka baca, yang juga mempunyai gaya yang hidup dan berkembang.

Umumnya, para penutur ini sangat berprestasi di sekolah karena pemahaman mereka akan ilmu pengetahuan faktual membuat mereka disayangi guru-gurunya.

Terakhir;

99. Lihatlah gambaran yang lebih besar. Mempunyai anak yang merupakan penulis dan pembaca, hebat memang penting. Namun, lebih penting lagi adalah mempunyai anak yang menjadi orang baik.

Penulis handal haruslah merupakan orang yang berintegritas dan welas asih, karena mereka bisa mempunyai kekuatan dan pengaruh.

***

9 CaraMudah Mengajarkan Tata Bahasa

1. Jangan berusaha memberikan pelajaran tata bahasa formal kecuali anak anda luar biasa reseptif dan ingin belajar. Ajarkan tata bahasa bersamaan dengan mengajar anak anda menulis.

2. Sebutlah bantuan anda sebagi “penyuntingan” dan selalu tawarkan sebagai bantuan, bukan keharusan.

Bersikaplah sangatmenghargai. Katakan kepada mereka bahwa tulisan itu adalah karya mereka, dananda hanyalah menawarkan saran. Mereka tidak harus menerima saran anda.Merekalah pengambil keputusan akhir mengenai karya mereka sendiri.

3. Gunakanlah istilah Tata Bahasa yang benar ketika membantu anak andadengan tulisan mereka, tetapi lakukan secara sambil lalu. Jangan berusahamembuat mereka mempelajari istilah-istilah itu. Biarkan mereka mencernamyasecara alamiah.

Berikut tinjauan singkat tentang jenis kata:

Kata Benda (Nomina) menamai orang, tempat atau benda. Misalnya apel atau Jakarta.

Kata Ganti (Pronomina) menggantikan kata benda, misalnya diaatau mereka.

Kata Kerja (Verba) menunjukkan perbuatan, misalnya menjerit,melompat.

Kata Sifat (Adjektiva) menerangkan kata benda, seperti besaratau pengecut.

Kata Keterangan (Adverbia) menerangkan katakerja, kata sifat, atau kata keterangan lainnya, misalnya sangat atau dengancepat.

Kata Depan (preposisi) menunjukkan tempat atau kedudukan,seperti di rumah dan dalam kereta.

Kata Sambung (konjungsi) menghubungkan kata, frase, atauklausa, misalnya karena, dan, sejak, ketika.

Kata Seru (Interjeksi) memperlihatkan emosi yang kuat,misalnya; Wah!

Anak anda juga perlumengetahui istilah-istilah bagian kalimat, seperti Subyek, predikat,obyek, kalimat langsung dan tidak langsung, kalimat aktif dan pasif dan lainsebagainya.

4. Jangan berusaha mengajarkan struktur kalimat sampai kalimat bersusunmulai terlihat dalam tulisan anak anda.

Kalimat bersusun adalahkalimat yang terdiri dari satu klausa bebas dan satu klausa terikat. Klausaadalah bahan pembangun utama kalimat. Kalusa mempunyai satu subjek dan satupredikat.

Kalimat tunggal terdiriatas satu klausa bebas. Kalimat majemuk mempunyai setidaknya dua klausabebas. klausa disebut bebas karena ia bisa berdiri sendiri. Sedangkan klausaterikat walaupun mempunyai subyek dan predikat tetapi ia tidak bisa berdirisendiri.

Contoh; yang baruberumur lima tahun                 (klausaterikat)

Anak itu mendapatuntung dari kios limunnya       (klausa bebas)

Anak itu, yang baru berumur lima tahun, mendapat untung dari kios limunya (kalimat bersusun).

5. Begitu kalimat bersusun mulai merayapi tulisan anak anda, pujilah merekadan sebutkan nama kontruksi kalimat itu untuk mereka.

6. Setelah anka anda mulai memakai kalimat bersusun dalam tulisannya, dansetelah anda berkesempatan membuat dia akrab dengan peristilahannya, jelaskan kalimat rull-on dan fragmen kalimat apabila mereka meminta bantuan penyuntingan.

Kalimat rull-on adalah dua klausa bebasyang digabungkan dengan koma, padahal ia membutuhkan titik koma atau titik ataukata sambung.

Contoh; Aku pulangcepat harihujan.                   (koma)

Aku pulang cepat; harihujan                                  (titik koma)

Aku pulang cepat. Harihujan                                 (titik)

Aku pulang cepat karenaharihujan                      (kata sambung)

Fragmen kalimat adalah sekelompok kata yangbelum menjadi gagasan lengkap.

Contohnya berupa frase;di belakang gudang, atau

Klausa terikat; ketilkasaya pergi.

7. Mulailah memperhatikan keseiringan dalam tulisan mereka.

8. Setelah anda sampai sejauh ini dalam tata bahasa, mintalah anak andamembaca tulisan anda dan menyarankan penyuntingan.

9. Sediakan buku tata bahasa untuk mengatasi masalah-masalah yang muncul.

Jika anak anda sudahmahir dalam tata bahasa. Kini anda hanyalah memperhatikan agar mereka tidaksombong dan merendahkan orang lain, tidak menjadi orang yang palingmembosankan, Tuan Tata Bahasa sempurna yang selalu memperbaiki orang lain.

Jangan Lupa menjadikananak anda menjadi orang yang BAIK, MENGHARGAI dan MENGHORMATI orang lain.

10 Penulis peraih Nobel Sastra dan 10 penulis Terkemuka Indonesia.

10 PeraihNobel Sastra;

1. Pearl S.Buck

Seorang wanita yang lahir di Hillsboro, West Virginia pada 1892, ia adalah pengarangAmerika yang produktif, menghasilkan lebih dari 85 buku, termasuk novel, bukuanak, drama, biografi, dan non fiksi. Novel-novelnya senantiasa mengangkat konfrontasi antara Timur dan Barat serta mengambil lokasi Cina sebagai latarcerita, lalu melebar ke India dan Korea. Dia dianugrahi Nobel pada 1938 untukpenggambarannya yang kaya dan bersifat epik mengenai kehidupan petani di Cinadan untuk mahakarya biografisnya. Karyanya yang paling terkenal adalah TheGood Earth (Bumi yang Subur), yang lama mendiami daftar bukularis Amerika dan meraih beberapa penghargaan antara lain; Hadiah Pulitzer danMedali William Dean Howells.

2. ErnestHemingway,

Lahir di Oak Park, Illinois pada 1898, ia adalah salah satu penulis Amerika terbesar padaabad ke-20, yang dikenal dengan gaya penulisannya yang elegan. Prosanya tidak berbelit, dialognya ringkas, dan kecenderungannya menggunakan understatements angat efektif dalam cerpen-cerpennya. Dalam karyanya, dia senang menampilkan tokoh-tokoh yang keras dan kadang lugu, menjalani kehidupan yang penuh bahaya.Keberanian dan kejujuran mereka dilatari oleh masyarakat modern yang brutal,dan dalam konfrontasi ini mereka kehilangan harapan dan keyakinan. Hemingwaydianugerahi hadiah Nobel pada tahun 1954 untuk kepiawaiannya dalam senibertutur, yang tercermin dalam karyanya The Old Man and The Sea(Orang tua dan laut) yang juga meraih hadiah Pulitzer, dan untuk pengaruh yangdiberikannya pada gaya kepenulisan kontemporer.

3. JohnSteinbeck,

Lahir di Salinas, California pada 1902, ia adalah pengarang Amerika yang berciri khastulisannya yang mengandung pengertian yang simpatik bagi orang-orang malang didunia. Novel-novel Steinbeck dapat diklasifikasikan sebagai novel sosial, yangmengangkat persoalan ekonomi dari kalangan pekerja pedesaan. Setelah padaawalnya menggunakan humor yang kasar dan membumi, dia melanjutkan dengan fiksiyang serius, dan sering agresif dalam kritik sosial. Grapes of Wrath(Amarah) pemenang Hadiah Pulitzer dianggap sebagai karyanya yang terbaik.Steinbeck dianugerahi Hadiah Nobel pada 1962 untuk tulisannya yang realistis danimajinatif, yang dicampur dengan rasa humor yang simpatis dan persepsi sosialyang tajam.

4. NaguibMahfouz

Lahir diKairo pada tahun 1911, adalah salah satu penulis kontemporer utama di Mesir,yang dikenal dengan novel dan cerpennya yang berkisah tentang kehidupan kotatradisional. Jumlah karyanya tak kurang dari tiga puluh novel, lebih dariseratus cerpen, dan lebih dari dua ratus artikel, serta separoh novelnya telahdiangkat ke layar perak yang diedarkan ke berbagai wilayah yang berbahasa Arab.Mahfouz menerima Hadiah Nobel pada 1988 karena dia penulis yang melaluikarya-karyanya yang kaya nuansa- sebentar jernih dan realistis dan jernih,sebentar ambigu secara evokatif- telah membentuk seni bertutur Arab yang jugaberlaku bagi seluruh umat manusia.

5. RabindranathTagore

Lahir diBengal pada 1861, adalah penulis India yang terutama dikenal untuk kumpulanpuisinya, Gitanjali (1912) yang didasarkan pada tema-tema Hindutradisional. Bagi dunia, dia menjadi suara budaya spiritual India. Baginegaranya sendiri (terutama Bengal), dia adalah lembaga hidup yang besar. Pada1913 Tagore meraih hadiah Nobel untuk puisinya yang sensitif, segar dan indahsehingga dia menjadikan pemikiran puitisnya bagian dari sastra Barat, denganketrampilan yang luar biasa dan dengan kata-katanya sendiri dalam BahasaInggris. Selain puisi, dia juga menulis beberapa kumpulan cerpen, novel, dramamusikal, drama tari, esai segala jenis, catatan perjalanan, dua autobiografi,gambar dan lukisan, serta lagu yang lirik dan nadanya dia yang ciptakan sendiri.

6. HermanHesse

Lahir diClaw di Black Forest pada 2 Juli 1877, adalah penulis Swiss kelahiran Jerman.Karya-karyanya yang simbolis membahas dualitas keberadaan manusia serta rasaketerasingan dan kesepian seniman. The Glass Bead Game (1943) danSiddartha (1922) mencerminkan minatnya dalam mistisisme Asia. Diadianugerahi Hadiah Nobel pada 1946 untuk tulisannya yang cemerlang. Dengankupasan yang semakin tajam dan berani, karya-karyanya melambangkan idealismehumanitarian klasik dan kualitas gaya yang tinggi.

7. RudyardKipling

Lahir diBombay pada 1865, ia adalah pengarang Inggris yang karya-karya populernyamenafsirkan India dalam segala gairah, ketakpuasannya, dan perjuangannya.Pandangan romantisnya mengenai imperalisme Inggris tercermin dalampuisi-puisinya yang terkenal, misalnya “Mandalay”,”GungaDin”, dan Recessional (1897). Jungle Book menjadisastra anak klasik di seluruh dunia. Kipling menerima Hadiah Nobel pada 1907untuk kekuatan pengamatannya, imajinasinya yang orisinal, semangat ideceritanya, dan bakat bertuturnya yang luar biasa, yang mencirikan karyapengarang yang terkenal di seluruh dunia ini. Selain Hadiah Nobel, Kipling jugamenerima banyak penghargaan lain dan berbagai gelar kehormatan, termasuk MedaliEmas dari Royal Society of literature pada 1926.

8. YasunariKawabata,

Lahir diOsaka pada 1899, ia adalah pengarang Jepang yang Novel-novelnya seringmenggambarkan individu yang terasing dan kesepian, yang mencari keindahan dankemurnian. Dia memulai kariernya dengan cerpen Izu Dancer, yangditerbitkan pada tahun 1927. setelah beberapa karya yang menonjol, Novel SnowCountry (1937) memantapkan posisi Kawabata sebagai salah satu pengarangterdepan di jepang. The Old Capital adalah karyanya yang palingberkesan di Negara kelahirannya, maupun di Luar negeri. Pada 1959, Kawabatamenerima Medali Goethe di Frankrut, dan pada 1968 dianugerahi hadiahNobel untuk kepiawaian bertuturnya, yang secara sangat peka mengungkapkan intisaripemikiran Jepang.

9. Jean-PaulSartre,

Lahir diParis pada 1905, ia adalah penulis dan filosof Prancis, serta eksistensialis terdepan. Tulisan teoritis, novel maupun drama karyanya adalah salah satusumber inspirasional utama bagi sastra modern, tetapi Sartre paling di kenalsebagai penulis drama. Tulisannya menelaah individu sebagai makhluk yangbertanggung jawab, namun kesepian, terapung dalam alam yang bermakna dengankebebasan memilih yang menyeramkan. Novel pertamanya, La Nausee (1938)dan kumpulan cerpennya, Le Mur (1938), secara dramatismengungkapkan tema tersebut. Sartre menerima Hadiah Nobel pada 1964 untukkaryanya yang kaya dalam gagasan dan sarat oleh semangat kebebasan sertapencarian kebenaran, dan telah memberikan pengaruh yang jauh di masa kini.

10. Winston Churchill,

Lahir pada1874, ia adalah negarawan yang menerima Hadiah Nobel untuk bidang Sastra pada1953 untuk kepiawaiannya dalam penggambaran sejarah dan biografi, dan jugauntuk pidatonya yang cemerlang dalam membela nilai-nilai kemanusiaan yang dijunjung tinggi. Dua karya biografinya membahas kehidupan ayahnya, LordRandolph  Churchill, dan kehidupan leluhurnya, Duke of Marlborough.Buku sejarah yang ditulisnya adalah The World Crisis (1923-29)tentang Perang Dunia I dalam empat jilid, dan History of TheEnglish-Speaking Peoples (1956-58), juga empat jilid. Pidato-pidatonyadibukukan menjadi berbelas jilid, diantaranya The Unrelenting Struggle (1942),The Dawn of Liberation (1945), dan Victory (1946).

Cairo, 16 November2008, 21.15 WK.Diiringi keinginan untuk menimbulkan kecintaan akan membaca dan menulis.Semoga Bermanfaat!

 

Next: Aku Bisa Nulis Cerpen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s